skip to main |
skip to sidebar
Pak Marsudi
Pak Marsudi..............Kepale Tasiun Sepur Pagar Gunong ye baek ati. Ini lah name2 Sepur ye galak lalu / melintasi Tasiun Pagar Gunong sekita taun 70 an.
- Sepur Espres. Merupakan sepur ye paleng bagus zaman itu.Sepur ini ngangkuti Jeme (penumpang) trayek Pelimbang - Tanjungkarang
- Sepur Kabat. Name KABAT singkatan nai Kereta Api Barang Cepat.Sesuai dengan namenye, sepur ini bejalan gagah dek kejamak'an.Gerbong ye ditarek banyak, sebagian besar isinye barang2 kebutuhan Masyarakat
- Sepur Senel. Entah pedie maksud Senel, kami juge dek tau.Tapi kalu kami kinak, Sepur itu biasenye mawe Batu/ perelatan untok menahi jalan sepur. Kadang tu digabung pule ngan gerbong ye bulat lok tengki untok ngankuti minyak pertamina
- Sepur Kelingker. Sepur ye mawe'i Setingkol (batu bara) untok pajohan Lok / Kepala
Sepur.Soalnye waktu itu seluruh sepur maseh nggunekan LOK Kepalak Itam
(bukan Diesel)
- Sepur Lamsam. Ini lah sepur penumpang ye behadu disetiap tasiun. Dikatekan Lamsam, mantak Sepur ini bejalan nye mai gelamai lok kan sampai lok dek de.Lamsam mondek salah singakatan nai kete Lambat Sampai
Zaman dulu Sepur merupakan sarana transportasi ye paleng di andalkan
leh Masyarakat, temasok Jeme daerah Lubai. Penyebabnye antare laen karene
Mubel lum banyak ige lok mak ini ahi. Hude itu hamper seluruh bakal /
jalan raya rusak berat. Ape lagi kalu musem ujan, uji jeme lubai di
tengah bakal perses lok kubangan babi. Cuman mubel kepalak gajah ngan
Mubel Dodge ba'i ye pacak lalu. Itupun harus ade LER (sebangse tali ye
begulung diwek) dan ditambangkan dibatang kayu besak pade sa'at mubel
telumpur
Sebagai tasiun kecek, bisanye Pagar Gunong cuman ditambati leh Sepur Lamsam. Sepur la'en rate2 Loncnong ( dek behadu) di tasiun itu. Masyarakat juge
maklum, ngan aturan ye dibuat leh jeme besak di PERUMKA ( mak ini lah
jadi PT KAI).Tekale itu haper tiap pagi Tasiun Pagar Gunong dipenohi leh
jeme, baek ye nak pegi ke arah Pelimbang mak itu juge ye nak ngacung ke
Baturaje. Gale2 nye nunggu sepur Lamsam ye kan lalu.Kadang tu dek jarang
sepur lamsam ye di tunggu leh Masyarakat ternyate Batal/ dek
bejalan.Kabar batalnye sepur ini rate2 ngaget/ mendadak. Mak lum lah
sarane telpon di tasiun zaman itu maseh ye ingkol2an makai kabal
sepanjang jalan sepur, jadi kalu ade batang kayu huboh atau Kehe ye
begantung di kabal telpon tengah utan pacak nian perage'an (pembicara'an
antare kepale tasiun teganggu) binyi nye dek jelas.
Nah...............tekale itu lah Peranan Pak Marsudi selaku kepale
Tasiun menjadi sangat penting sekali bagi masyarakat ye lah telanjur nak
berangkat naek sepur. Dari namenye lah pacak kite tebak, bahwe Pak
Marsudi itu adelah Hang Jawe.Tapi uji enggoh Die hang jawe pak Marsudi
lah pacak nian dengan tabiat jeme daerah Lubai. Jeme lubai kalu lah kesal, sediket dek ngatek penakut.Jangankan sepur Kabat, Senel, Kelingker..................sepur
espres ba'i lagi diluntu'i /disibat (bace di lempar) jeme ngan
batu.Pada sa'at ketika sepur lamsam batal, pak Marsudi berani
mepertarukan jabatan nye demi untok masyarakat Lubai ye nak bepegian.
Beliau Nggalang ( bace :memberhentikan) setiap Sepur ye lalu , walaupun
seharusnya sepur itu dek behadu di Tasiun Pagar Gunong.Sinyal ( base
Lubai Tande) untok sepur nak masok dek de langsung dibukak, supaye sepur
lah ngerem nai ja'oh sebelum sampai di tasiun.Sedangkan sinyal untok
sepur berangkat belum diceluetkan ke pucok, sebelum jeme ye nak
betinggeh kesepur lah na'ek gale.
Terimekaseh Pak Marsudi, semoga perbuatan/alam baek mu diberikan ganjaran ye setimpal oleh Allah SWT. Amin...............
0 komentar:
Posting Komentar